-->

Bagaimana Cara Memakai Google Analytic?

Bagaimana cara memakai Google Analytic? Google Analytic ialah salah satu tools yang dapat memperlihatkan anda susukan yang sangat baik untuk melihat aktifitas di blog anda. Masalahnya ialah banyak blogger yang tidak tahu bagaimana cara menggunakannya. Kaprikornus kali ini saya akan menjelaskan wacana manfaat Google Analytic.

Saya anggap saudara sudah mempunyai akun Google Analytic. Jika belum maka tidak perlu lanjut membaca artikel ini. Silahkan baca dulu artikel cara mendaftar Google Analytic. Sedangkan bagi anda yang sudah mempunyai akun mari kita pribadi mulai. Pembahasan saya akan terbagi dalam 2 poin utama:
  1. Bagaimana cara memakai Google Analytic untuk mengamati Karakter Pengunjung?
  2. Bagaimana cara memakai Google Analytic untuk mengamati  Performa Artikel?

#1 Bagaimana cara memakai Google Analytic untuk mengamati huruf Pengunjung?

  • Silahkan login dan anda akan masuk ke Account Home dari Google Analytic anda. Klik akun blog yang ingin anda amati aktifitasnya.
  • Akan ada dropdown yang memunculkan nama akun, silahkan klik sekali lagi.
  • Anda akan dibawa masuk ke dalam halaman blog anda, pada sesi Visitors Overview. Pada laman ini anda dapat melihat sebuah grafik besar yang memperlihatkan laju pertambahan pengunjung blog anda dari hari ke hari.
  • Jika anda gres belajar SEO, maka jangan panik dengan lekuk naik turun, alasannya ialah itu alami sekali. Memang terjadi naik turun setiap minggu. Biasanya puncak trafik hari selasa dan rabu, dan trafik terendah dalam seminggu pada sabtu dan ahad .... jadi santai saja.
  • Lanjut ke bawah akan ada laporan berapa orang yang sudah mengunjungi blog anda semenjak instruksi tracker dipasang, dan dibawahnya ada klarifikasi detil dari jumlah tersebut.
    • VISITS ialah klarifikasi berapa keseluruhan kunjungan
    • UNIQUE VISITORS ialah jumlah pengunjung tanpa memperhitungkan kunjungan balik
    • PAGEVIEWS ialah jumlah laman yang dibaca
    • PAGES/VISIT ialah rata-rata laman yang dibaca per kunjungan, semakin besar nilainya berarti semakin berkualitas artikel anda. Jika belum cobalah menulis artikel dengan gaya bahasa yang lebih menarik, dan jangan selesaikan satu duduk perkara dalam satu artikel sebaiknya bgi penjelasannya di artikel lain (mengarahkan pengunjung untuk membuka artikel lain)
    • AVERAGE VISIT DURATION ialah lamanya waktu per kunjungan
    • BOUNCE RATE ialah persentase pengunjung yang hanya membaca satu halaman. Semakin kecil nilai ini semakin baik
    • % NEW VISITS ialah persentase pengunjung yang gres tiba ke blog anda. Itu berarti sisanya ialah pengunjung setia blog anda yang tiba berkali-kali.
  • Anda juga diberi diagram bulat untuk memperlihatkan berapa pengunjung gres dan berapa pengunjung yang kembali untuk kesekian kalinya. Pengunjung gres menunjukan kesuksesan optimisasi offpage anda, sedangkan pengunjung kembali menunjukan kesuksesan kualitas artikel anda. Normalnya ialah 80:20, bila kurang dari 20 persen artinya perlu peningkatan kualitas artikel.
  • Di bawah layar ini masih ada Demographic, System, dan Mobile yang akan memperlihatkan kepada anda asal kunjungan, dan karakteristik gadget yang dipakai mengunjungi blog anda.
Demikianlah Google Analytics menyajikan data Karakter Pengunjung. Mudah-mudahan anda sudah paham bagaimana cara memakai Google Analytic untuk keperluan anda. Buatlah pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti: Kenapa mereka cuma membuka satu halaman? Kenapa mereka jarang yang kembali? Kenapa mereka cuma sebentar saja membaca artikel kemudian pergi?

Jika anda tidak menemukan alasannya cobalah bertanya di forum-forum facebook, atau di Yahoo! Answer untuk mencari tahu apa yang salah dengan blog anda.

#2 Bagaimana cara memakai Google Analytic untuk mengamati  Performa Artikel?

  • Pada bab sidebar kanan pilih CONTENT kemudian OVERVIEW.
  • Di bab bawah OVERVIEW anda akan melihat 10 artikel terlaris dari blog anda.
  • Klik di sidebar kanan PAGE TIMING, akan terbuka tabel gres yang memperlihatkan 10 artikel tadi beserta nilai bounce ratenya. Perhatikan artikel yang paling atas, dan pastikan bounce ratenya dibawah 80%. Sayang sekali bila artikel terlaris anda tidak mengarahkan pengunjung untuk membuka artikel-artikel yang lainnya.
Jika anda sudah mengetahui bagaimana cara memakai Google Analytic untuk melihat aktifitas pengunjung dan performa artikel. Anda dapat memakai pengetahuan itu untuk aneka macam keperluan. Sebagai contoh, bila anda ialah seorang pebisnis online, anda dapat memanfaatkan ini untuk meningkatkan penjualan.

Tapi bila anda belum tahu caranya silahkan baca artikel Bagaimana Meningkatkan Penjualan dengan derma Google Analytic?.... Mudah-mudahan dapat membantu.

0 Response to "Bagaimana Cara Memakai Google Analytic?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel