-->

Bagaimana Cara Promosi Blog?

 Apakah ini juga menjadi pertanyaan saudara Bagaimana Cara Promosi Blog?
Bagaimana cara promosi blog? Apakah ini juga menjadi pertanyaan saudara? Pertanyaan ini juga pernah menjadi pertanyaan saya sekitar 3-4 tahun yang lalu. Oleh alasannya yaitu itu saya cukup paham bahwa banyak blogger yang hingga pada titik frustrasi alasannya yaitu blognya tidak kunjung ramai....

Beberapa sahabat blogger yang berkomentar di sini, memang mengeluhkan sulitnya mendapat pengunjung. Apakah anda juga mengalami kesulitan yang sama? Jika demikian berarti anda juga belum mengetahui cara terbaik melaksanakan promosi blog.

Saya berharap goresan pena ini sanggup membantu anda untuk mendapat lebih banyak pengunjung. Hanya saja sebelumnya saya mau menekankan bahwa tips promosi blog di bawah ini memerlukan "waktu luang" yang cukup banyak. Kaprikornus mengenai duduk kasus menyisihkan waktu sepenuhnya ada di tangan anda.

Ok, pribadi saja kita bahas duduk kasus promosi ini....

Faktor Apa Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Promosi?

1. Blog yang akan dipromosikan memakai bahasa apa?

Hal ini penting alasannya yaitu bila blog anda memakai bahasa Inggris, maka cakupan promosinya jauh lebih luas daripada blog bahasa Indonesia. Tools promosi yang sanggup dipakai pun lebih beragam. Sudah kodratnya blog dengan bahasa Inggris mempunyai potensi traffic yang lebih besar.

2. Apa tema dari blog yang akan dipromosikan?

Anda harus mengetahui bahwa blog dengan tema tertentu, terang mempunyai pasar tertentu pula. Anda sanggup mencar ilmu mengenali pasar dari tema yang anda pilih di artikel riset kata kunci. Jika blog anda temanya gado-gado, maka potensinya sanggup jadi jauh lebih besar. Hanya saja promosi blog anda pun sanggup ikutan jadi gado-gado. Karena setiap artikel mempunyai pasar yang berbeda.

 

Apakah ada yang namanya Promosi blog berlebihan?

 Apakah ini juga menjadi pertanyaan saudara Bagaimana Cara Promosi Blog?
Menurut saya tidak ada yang namanya promosi berlebihan. Kecuali yang anda maksud dengan berpromosi itu yaitu memasang backlink di mana-mana, maka sanggup saja itu menjadi berlebihan.

Untuk menghindari itu sebaiknya ketika anda memasang link gunakan kata jangkar yang bervariasi (setidaknya ada 5 variasi). Kemudian pastikan laju pertambahan backlink blog anda cukup stabil. Dalam hal ini tentunya pemula akan sedikit kesulitan, alasannya yaitu untuk menemukan situs yang sanggup memberi backlink juga butuh sedikit pengalaman. Coba baca artikel cara mendapat backlink bila anda benar-benar butuh backlink.

Bagaimana cara mempromosikan blog dengan benar? Apa saja yang sanggup dilakukan secara gratis?

1. Promosikan blog anda di Facebook 

Ikutilah tips berikut untuk mempromosikan blog anda dengan efektif di facebook.
  1. Carilah sahabat sebanyak-banyaknya, bila sanggup anda mencari sahabat dari grup-grup facebook yang ada kaitannya dengan tema blog anda. Jika blog anda tidak punya tema khusus, maka sahabat boleh dipilih secara acak.
  2. Buatlah artikel blog gres dengan judul yang memprovokasi pembaca judulnya untuk mengklik.... SEKALI LAGI! PILIH JUDUL YANG MEMPROVOKASI! (sengaja sangat saya tekankan agar diperhatikan, alasannya yaitu kunci mendapat klik dari sahabat facebook ada di judul artikel....)
  3. Bagaimana potensi klik yang sanggup anda peroleh? Anggap saja dalam 3 bulan anda sanggup mendapat 2000 teman. Jika 1 dari 10 mengklik artikel yang anda posting, maka blog anda akan mendapat aksesori 200 pengunjung perhari. Bukankah ini hasil yang cukup tidak mengecewakan dari sebuah metode promosi blog yang sederhana?

2. Berpromosi blog di Twitter

Twitter juga sudah mulai menjadi andalan untuk mendapat kunjungan di blog. Kaprikornus jangan lewatkan social network micro blogging yang satu ini.
  1. Tantangan terbesar dari Twitter yaitu mendapat follower. Perlu anda perhatikan bahwa akun twitter yang cukup laris biasanya akun twitter yang menunjukkan postingan bahasa motivasi, kata-kata keren dan gaul, atau info-info singkat yang hot. Kaprikornus bila sanggup buatlah akun twitter bertema menyerupai itu dan kelola menyerupai blog
  2. Ajaklah orang lain untuk saling follow dan follow back
  3. Jika anda cukup disiplin, maka biasanya dalam 6 bulan follower sudah akan cukup lumayan. Jika anda sudah mempunyai banyak follower, maka selain postingan tweet rutin, anda juga sanggup sekali-kali menyisipkan goresan pena artikel blog anda.

3. Berpromosi di Forum

Ada banyak lembaga di dunia maya. Jika blog anda yaitu blog bertema khusus, maka anda sanggup mencari lembaga dengan topik yang homogen dan menunjukkan artikel anda. Cara menyerupai ini hanya membawa sedikit pengunjung per topik, jadi anda harus aktif di banyak topik.

Tips khusus bagi blog yang menunjukkan produk atau jasa tertentu:
Kalau blog anda hendak menunjukkan produk tertentu, maka anda sanggup masuk ke dalam lembaga dan memposting sebuah artikel ihwal produk anda. Bahkan, bila anda mau anda sanggup memasang banyak backlink ke halaman lembaga tersebut.

Memasang backlink ke halaman lembaga sebuah website yang sudah sangat berumur dan mempunyai PR tinggi sanggup jadi jauh lebih gampang dan lebih aman daripada mencari backlink untuk blog anda yang masih seumur jagung. Bisa jadi halaman lembaga itu terindeks untuk peringkat yang lebih tinggi hanya dengan 100 link, sedangkan blog anda jauh di bawah walaupun linknya ada 300.

4. Promosikan Blog Dengan Blogwalking

Blogwalking yaitu aktivitas mengunjungi blog-blog yang memasang chat box. Jika anda mengandalkan blogwalking, maka gunakanlah satu bulan pertama anda untuk mengoleksi alamat-alamat blog yang mempunyai chat box yang ramai. Bagaimana caranya mengetahui chat box blog itu ramai? Praktis saja, tinggal lihat tanggal komentar pada chat box tersebut. Kalau pada hari itu ada banyak komentar artinya blog itu ramai.

Usahakan dalam sebulan anda mengantongi 100 chat box ramai. Jika masing-masing blog menyumbang 2-3 pengunjung ke blog anda, maka itu berarti aksesori 200-300 pengunjung.

5. Promosikan blog anda di jejaring social bookmark

Ada aneka macam social bookmark ketika ini. Perhatikan daftar di bawah ini...
  • InfoGue. PR 4
  • Debuk. PR 2
  • Qaafe. PR 4
  • BeritaSaya. PR 1
  • Populerkan. PR 2
  • Bagikan. PR 1
  • SitusPortal. PR 3
  • Bookmark Indonesia. PR 2
  • Beritague. PR 3
  • BlogMarkit. PR 0
  • Plaza Berita. PR 1
  • Klowor. PR 1
  • JadiTerkenal. PR 0
  • BagiURL. PR 2
  • BeritaPilihan. PR 0
  • MyBlogPost. PR 1
  • SosBok. PR 0
  • Situsku PR 1
  • Tunden. PR 2
  • LenteraSEO. PR 1
  • Dofollow.web.id. PR 1
  • LintasanInfo. Pr 0

Ikutilah langkah-langkah berikut ini:
  1. Buatlah akun pada masing-masing situs di atas bila diperlukan
  2. Buatlah artikel gres pada blog yang hendak dipromosikan
  3. Pastikan artikel gres anda sudah terindeks oleh Google. Caranya, masuk ke Google ketik site:url ( contoh: site:https://trick-tips-seo.blogspot.com//search?q=bagaimana-cara-melakukan-riset-kata ) kemudian tekan enter untuk mencari apakah blog sudah terindeks.
  4. Jika artikel blog anda sudah terindeks, silahkan masuk satu per satu ke akun anda di situs social bookmark di atas dan posting artikel gres anda.
  5. Postingan anda pada situs-situs social bookmark di atas sanggup jadi terindeks lebih baik dari pada blog anda. Kaprikornus bila situs social bookmark ini mendapat pengunjung dari Google, mereka akan mengarahkannya ke blog anda. Apakah hanya itu? Masih ada lagi. Situs social bookmark ini juga ikut menyumbang backlink ke anda. Kaprikornus sekali dayung dua pulau terlampaui.
Ini yaitu tips-tips dasar yang sanggup anda lakukan dalam melaksanakan promosi. Mudah-mudahan cara promosi blog di atas sanggup membantu meningkatkan traffic ke blog anda dalam kurun waktu 1-6 bulan. Sekali lagi perlu saya ingatkan bahwa ini sangat tergantung pada waktu luang, kerja keras, dan disiplin. Ok ... Sukses buat blog anda.

0 Response to "Bagaimana Cara Promosi Blog?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel