-->

Apakah Blog Aku Seo Friendly?

periksa blog dengan teliti apakah sudah SEO Friendly Apakah Blog Saya SEO Friendly?
Apakah Blog Saya SEO Friendly? Tolong dicek ya? -- Ini yaitu pertanyaan yang paling sering masuk ke blog ini. Berhubung komentator di blog ini semakin banyak, maka semakin sulit juga saya membantu rekan-rekan blogger menyelidiki apakah blog mereka sudah SEO friendly atau belum.

Makara saya putuskan untuk menciptakan artikel ini untuk membantu teman-teman blogger menyelidiki blognya apakah sudah SEO friendly atau belum. Tentunya akan ada juga artikel-artikel pembantu untuk memperbaiki jikalau ada yang belum SEO friendly.... Sorry kalau gambar-gambarnya akan sedikit kabur, alasannya yaitu diperkecil ukurannya untuk mempercepat loading halaman ini :)

Langkah Pertama Mengecek Blog SEO Friendly: Periksa Homepage, Gambar dan Kode Sumbernya

#1 Periksa Homepage Blog

Makara silahkan buka terlebih dulu homepage atau beranda blog saudara. Beranda blog saya terlihat menyerupai di bawah ini....

periksa blog dengan teliti apakah sudah SEO Friendly Apakah Blog Saya SEO Friendly?

Bisa dilihat pada gambar di atas saya menandai dua kalimat. Yang di atas yaitu header halaman homepage, dan yang di bawah yaitu judul yang ingin saya tekankan pada halaman homepage.

Pastikan kedua bab yang ditandai ini mengandung kata kunci yang saudara targetkan untuk halaman muka blog saudara. Perhatikan juga pada gambar di atas, pada bab artikel ada kata "belajar seo" yang dicetak tebal.....bisa lihatkan? Pastikan juga kata-kata penting di dalam halaman homepage saudara itu dicetak tebal (bold)....

Kalau blog saudara berisi artikel yang campur baur menyerupai blog berita, maka bab depan ini rasanya tidak ada kata kunci spesifik yang perlu ditekankan. Jadi sanggup gunakan nama blog atau merek situs informasi anda sebagai header halaman.

Jika ternyata judul header halaman homepage belum menampilkan kata kunci yang saudara inginkan silahkan diubah dengan cara berikut:
  • Masuk ke Menu SETELAN dan pilih DASAR
  • Klik EDIT pada bab JUDUL dan masukkan judul yang mengandung kata kunci
  • Simpan Perubahan

#2 Periksa Gambar Pada Halaman Depan

Sekarang coba lihat gambar-gambar yang ada pada halaman depan saudara. Sebagai salah satu pola saya akan mengambil salah satu tampilan gambar dari homepage blog saya di bawah ini.

periksa blog dengan teliti apakah sudah SEO Friendly Apakah Blog Saya SEO Friendly?

Setelah itu coba saudara non aktifkan gambar pada browser saudara. Jika anda memakai mozilla firefox di situ ada di sajian Option pada tab CONTENT hapus tanda centang pada LOAD IMAGES AUTOMATICALLY dan klik OK.

Setelah itu muat ulang homepage saudara dengan menekan F5. Jika tampilan tanpa gambar mempunyai goresan pena ALT teks sebagai pengganti gambar, maka blog saudara sudah mengikuti kriteria SEO friendly untuk gambar.... (lihat pola di bawah)

periksa blog dengan teliti apakah sudah SEO Friendly Apakah Blog Saya SEO Friendly?

#3 Periksa Kode Sumber Halaman Depan

Masih pada halaman depan blog saudara.... silahkan tekan Ctrl+U untuk membuka instruksi sumber dari halaman saudara pada window lain di komputer. Pada window gres ini tekan ctrl+f untuk membuka alat pencarian.... Silahkan ketik <title> pada kotak pencarian. Pastikan di antara instruksi <title> dan </title> terdapat kata kunci untuk halaman tersebut....

periksa blog dengan teliti apakah sudah SEO Friendly Apakah Blog Saya SEO Friendly?

Sekarang hapus <title> pada kotak pencarian dan ganti dengan name='description'. Ini akan membawa anda untuk melihat meta description dari halaman depan blog saudara. Blog yang SEO friendly harus mempunyai ini. Jika tidak, maka itu termasuk kesalahan yang cukup fatal. Tapi mempunyai meta description saja tidak cukup. Meta description harus berisikan kata kunci yang anda targetkan untuk halaman tersebut (lihat pola di bawah)

periksa blog dengan teliti apakah sudah SEO Friendly Apakah Blog Saya SEO Friendly?

Kalau blog anda tidak mempunyai title tag atau meta description, maka ikuti cara perbaikannya pada artikel title tag dan meta description.

Sekarang hapus name='description' pada kotak pencarian dan gantikan dengan <h1. Ini seharusnya menghantarkan anda pada kalimat PALING PENTING di dalam halaman anda, dan pastikan itu mengandung kata kunci. Pada dasarnya semua template mempunyai <h1> pada header halaman. Kalau blog anda tidak punya <h1> maka itu berarti template sudah diutak-atik sebelumnya. Kalau <h1> ternyata berisi gambar logo, maka sebaiknya diganti dengan teks saja.... (lihat pola di bawah)

periksa blog dengan teliti apakah sudah SEO Friendly Apakah Blog Saya SEO Friendly?

Setelah itu tekan sekali lagi F3, untuk mengetahui apakah masih ada h1 yang lainnya. Jika masih ada, maka itu yaitu sesuatu yang harus saudara singkirkan, alasannya yaitu di dalam satu halaman web hanya boleh ada 1 heading h1 ini.

Sekarang hapus <h1 dan ketik <h2, alasannya yaitu kali ini kita mau menghitung ada berapa <h2> di dalam halaman saudara. Jumlah <h2> yang boleh ada di halaman depan sebetulnya tidak dibatasi, tergantung berapa jumlah artikel yang ingin anda tampilkan. Tapi pastikan saja saudara tidak menampilkan jumlah artikel yang sangat banyak, alasannya yaitu sanggup menciptakan loading halaman muka menjadi sangat berat.

Tambahan:
Walaupun tidak terlalu penting..... tapi sanggup juga saudara perhitungkan, bahwa jikalau artikel saudara memakai banyak poin-poin, maka saudara sanggup memakai h3 untuk judul setiap poin di dalam artikel, dan itu berarti untuk heading widget saudara sanggup memakai h4.

Tapi jikalau di dalam artikel saudara tidak banyak memakai poin-poin penjelasan, maka sanggup saja widget memakai h3.... Cek h3 dan h4 di dalam homepage dengan memakai <h3 memasukkan <h3 kemudian <h4 ke dalam kotak pencarian. Gunakan tombol F3 untuk menjelajahi semua tag tersebut pada homepage.

Langkah Kedua Mengecek Blog SEO Friendly: Periksa Halaman Artikel, Gambar dan Kode Sumbernya

Kurang lebih tahap ini sama saja dengan di atas. Tapi kali ini kita lakukan pada halaman Artikel dan bukan homepage. Ada beberapa pembiasaan di sini....

  • Judul Header Halaman Artikel sebaiknya memakai Judul postingan Artikel itu sendiri.... Saudara sanggup lihat pada header halaman artikel di blog saya ini, yang ditampilkan yaitu judul artikelnya.
  • Judul header halaman artikel ini harus memakai tag <h1> sedangkan judul dari posting artikel harus memakai <h2>. Buka instruksi sumber (Ctrl+U) sekali lagi untuk mengecek ini.
  • Jika ternyata template saudara pada halaman artikel tidak menampilkan judul Artikel pada header halaman, dan hanya menampilkan judul Blog atau logo blog saudara, maka pastikan judul blog atau logo itu tidak diberi tag <h1>. Pastikan judul posting artikel yang memakai tag h1.
  • Jika ternyata halaman artikel saudara belum menyerupai itu, saudara sanggup memperbaikinya dengan mengikuti petunjuk di artikel cara menciptakan dynamic heading.
  • Usahakan kata kunci yang saudara targetkan muncul minimal 3 kali dalam artikel, dan dua di antaranya diberi cetak tebal....

Langkah Ketiga Mengecek Blog SEO Friendly: Pastikan Tidak Ada Elemen Yang Tidak Berguna Apalagi Membahayakan SEO anda....

  • Cek apakah pada homepage dan halaman artikel saudara ada iframe? Jika ada maka pastikan iframe itu cepat dimuat. Pastikan juga saudara tidak keberatan menawarkan sedikit poin pada halaman web yang ditayangkan pada iframe tersebut....
  • Pastikan juga tidak ada link dofollow yang menuju blog atau website lain yang belum punya reputasi
  • Cek juga waktu muat blog saudara secara keseluruhan. Jika waktu buka blog saudara terlalu lama, maka perhatikan pada keterangan proses berjalan yang biasa muncul di bab bawah browser, elemen halaman apa yang sering kandas ketika dimuat. Jika bisa, hapus saja elemen halaman tersebut....
  • Pastikan juga tidak ada link ke situs yang terkena banned oleh Google, alasannya yaitu anda sanggup terkena dampak sampingnya.
Jika blog saudara mengikuti ajaran di atas, maka rasanya halaman itu sudah cukup SEO friendly secara onpage, tinggal bagaimana optimisasi Offpage saudara untuk mencari backlink dan mempromosikan blog....

0 Response to "Apakah Blog Aku Seo Friendly?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel