-->

Bagaimana Cara Jadi Juara 1 Google?

 Sebenarnya seluruh isi blog ini sudah membahas problem yang satu ini Bagaimana Cara Makara Juara 1 Google?

Bagaimana Cara Makara Juara 1 Google? Sebenarnya seluruh isi blog ini sudah membahas problem yang satu ini. Hanya saja sehabis membaca banyak komentar, saya berkesimpulan bahwa masih banyak sahabat blogger yang kebingungan dalam mengejar posisi di halaman pertama ini.

Oleh alasannya itu kali ini saya akan mencoba menciptakan pola kasus di mana saya akan mensimulasikan langkah-langkah apa saja yang akan saya lakukan untuk memenangkan posisi pertama di hasil pencarian. Anggap saja kata kunci yang saya incar ialah "cara merawat motor antik".... Makara apa yang harus saya lakukan untuk menguasai kata kunci ini?

Sebelum kita lanjut.... pastikan pada browser saudara sudah terpasang add-on SEO, kalau belum ikuti panduannya di sini.

Tahap Pertama Makara Juara 1 Google: Amati Kompetitor Terberat

 Sebenarnya seluruh isi blog ini sudah membahas problem yang satu ini Bagaimana Cara Makara Juara 1 Google?

Untuk memenangkan posisi pertama pada hasil pencarian Google, maka otomatis kita harus mengalahkan sang juara satu yang menguasai kata kunci tersebut pada ketika ini. Makara yang paling pertama yang kita lakukan adalah  MEMATA-MATAI SANG PEMEGANG POSISI PUNCAK SAAT INI....

Makara siapakah yang menjadi kompetitor terberat kita untuk kata kunci ini? Ternyata ... (lihat gambar di bawah saja ya)

 Sebenarnya seluruh isi blog ini sudah membahas problem yang satu ini Bagaimana Cara Makara Juara 1 Google?

Dari hasil pengamatan sekilas, tampak bahwa kata kunci ini tidak termasuk persaingan berat. Kalau sekedar ingin masuk halaman pertama saja sanggup sangat mudah, alasannya yang menduduki posisi kedua ternyata tidak melaksanakan optimisasi sama sekali. Bisa dikatakan blogspotnya masih perawan dan belum terjamah.

Tapi kalau mau menjadi juara pertama, tampaknya tetap butuh usaha. Bahkan perlu perjuangan yang cukup banyak kalau blog kita masih benar-benar baru.

Mengamati faktor offpage blog pesaing

Untuk mengamati faktor optimisasi offpage blog pesaing, yang paling pertama yang harus kita lihat dari laporan add-on pada browser kita ialah pagerank dari halaman tersebut. Ternyata pageranknya ialah PR2 dan alexanya ialah 86.763.  Mungkin ada teman-teman blogger yang berkata "Wah, pageranknya sudah 2!"
-- Ini bekerjsama jangan pribadi menciptakan ciut teman-teman blogger pemula... memangnya kenapa kalau PR2?

Kita harus mencari tahu dulu apakah pagerank ini ialah hasil optimisasi pada artikel tersebut atau alasannya homepagenya memang mempunyai PR tinggi. Setelah mengamati homepage dan mencari tahu backlink pada blog tersebut, ternyata pagerank pada artikel tersebut mengandalkan poin halaman pada homepagenya yang bernilai PR5. Dari sini kita juga sanggup melihat bahwa admin dari website tersebut paham perihal optimisasi.... 

Ini ialah sinyal bahwa optimisasi kita mungkin akan sedikit berat untuk meraih posisi pertama....

Setelah mengamati pagerank, saatnya mengamati alexa rank,.... ternyata alexa rank dari website ini juga tidak main-main, yaitu 86.763. Ini berarti pengunjung website ini berkisar di jumlah yang sudah ribuan per harinya.... Dengan ribuan kunjungan per hari sanggup disimpulkan bahwa website ini sudah menuai sangat banyak kunjungan dari Google....

Jika website tersebut sudah menuai sangat banyak kunjungan dari Google, maka akan ada reputasi dari kunjungan-kunjungan tersebut yang tersimpan pada Google menyerupai ratio pentalan, usang waktu kunjungan, dan jumlah halaman yang dilihat per kunjungan. Semuanya ini menjadi faktor pendukung dari reputasi blog selain pagerank yang sudah sangat besar (PR5)....

Sekali lagi, ini juga sanggup menjadi sinyal bahwa optimisasi kita sanggup sulit

Setelah mengetahui PR homepage yang begitu besar, tampaknya saya tertarik untuk mengetahui satu hal lagi.... Domain pesaing ini sudah berapa usang masuk ke dalam cache/database Google? Makara saya mau melaksanakan sedikit uji usia blog pada Google.

Pertama-tama, saya akan mencari tahu dulu ada berapa jumlah halaman dari website ini yang sudah terindeks.... Untuk mengetahui itu saya harus memasukkan kata kunci dengan menggunakan perintah site.... untuk kata kunci selengkapnya, silahkan lihat gambar di bawah.
 Sebenarnya seluruh isi blog ini sudah membahas problem yang satu ini Bagaimana Cara Makara Juara 1 Google?

Tenyata, oh ternyata..... ini ialah sebuah situs portal komunitas dengan jumlah halaman terindeks mencapai 108.000 halaman. Sebuah kondisi yang sanggup membantu website ini menguasai banyak kata kunci bahkan tanpa optimisasi sekalipun....  dengan mempunyai puluhan ribu artikel, ialah sangat masuk akal kalau kita memperoleh puluhan ribu kunjungan per hari. Makara kita sanggup menganggap pesaing kita untuk posisi pertama di Google ini masuk kategori situs lembaga nasional (walaupun tidak cukup besar).....

Jadi kita sanggup memasukkan ini dalam daftar hal yang mengkuatirkan....

Selanjutnya, untuk mengetahui kapan blog ini masuk ke dalam cache Google pertama kali, maka saya harus menggunakan fungsi ALAT PENELUSURAN dan mengubah SEMBARANG WAKTU menjadi RENTANG TERTENTU....

 Sebenarnya seluruh isi blog ini sudah membahas problem yang satu ini Bagaimana Cara Makara Juara 1 Google?

Setelah mengklik RENTANG TERTENTU akan muncul pop up untuk memasukkan batas waktu yang diinginkan. Setelah memasukkan beberapa kali rentang waktu, maka rentang waktu yang paling terakhir menghidangkan data dari lawan kita ini berakhir pada 1 Januari 2004 - 1 Januari 2005. Itu berarti situs ini dibentuk pada tahun 2004. Itu berarti usia situs ini sudah lebih dari 8 tahun....
 Sebenarnya seluruh isi blog ini sudah membahas problem yang satu ini Bagaimana Cara Makara Juara 1 Google?
Bertambah lagi faktor yang mengkuatirkan kita..... ^_^


Mengamati faktor onpage blog pesaing
Ok, rasanya cukup kita mengamati optimisasi offpage dari website kompetitor ini kini saatnya kita melihat optimisasi onpagenya..... jadi saya akan mengajak teman-teman blogger melihat SEO kafe pada bab kanan, yang mencakup link internal dan eksternal, kepadatan (density) kata kunci, dan Diagnosis.
 Sebenarnya seluruh isi blog ini sudah membahas problem yang satu ini Bagaimana Cara Makara Juara 1 Google?

Perhatikan beberapa hal dari gambar di atas:
1. Internal link versus external link
Bisa kita lihat bahwa perbandingannya ialah 86:8 itu berarti pagerank flow atau anutan poin dari halaman itu ialah 91% dan itu manis sekali. Berarti halaman ini mempertahankan 91% poin berputar-putar di dalam website itu sendiri dan hanya 9% yang mengalir ke domain lain....

2. Kepadatan kata kunci
Jika tombol density diklik maka akan ditampilkan kepadatan setiap kata pada halaman tersebut.... Berhubung yang saya kejar ialah "cara merawat motor antik", maka saya hanya perlu memperhatikan 4 kata itu saja. Ternyata sehabis mengklik tombol density, saya memperoleh hasil berikut:

CARA muncul sebanyak 6 kali
MERAWAT muncul sebanyak 4 kali
MOTOR muncul sebanyak 20 kali
ANTIK muncul sebanyak  2 kali

Dari sini ada kabar baik bahwa kata ANTIK hanya muncul dua kali, padahal setidaknya butuh 3 kali muncul untuk dianggap penting.

3. Diagnosis
Diagnosis ini ialah tombol yang sangat penting untuk pemula alasannya tombol diagnosis ini akan menampilkan diagnosa faktor optimisasi onpage dengan cukup detail.... Jika kita menekan tombol diagnosis pada situs pesaing ini, maka data yang akan kita dapatkan ialah menyerupai di bawah ini (catatan: hal-hal yang menyenangkan akan saya beri warna biru, dan yang tidak menyenangkan akan saya beri warna merah)
==========
TITLE TAG HALAMAN:
Punya Motor Tua? Ini Dia Cara Merawatnya
Title tag ini belum optimal, saya masih sanggup memenangkan title tag dengan menyusunnya menjadi "Bagaimana Cara Merawat Motor Antik?"
==========
META DESCRIPTION:
Bagi Anda yang kebetulan punya motor bau tanah di rumah, namun nggak begitu mengerti bagaimana cara merawatnya, mungkin tips berikut ini bakal mempunyai kegunaan buat Anda. Ya, mempunyai motor yang sudah 'berumur' alias sudah tergolong antik (biasanya tahun pembuatannya lebih dari tiga puluh tahun lalu), memang butuh perawatan ekstra. Apalagi, kalau motor bau tanah yang Anda miliki juga tergolong langka di kelasnya, perawatannya pun harus benar-benar diperhatikan supaya sang motor tak 'berakhir' di tumpukan besi bekas.
Meta description inipun tidak optimal, di dalamnya kata kunci yang saya incar masih tersebar. Makara saya masih sanggup memenangkan meta description dengan menyuntikkan satu frasa yang benar-benar tersusun menjadi "cara merawat motor antik". Meta description website ini pun terlalu panjang, seharusnya 160 huruf saja sudah maksimal....
==========
HEADING:
  • <H2>: Punya Motor Tua? Ini Dia Cara Merawatnya
  • <H2>: Komunitas TNOL Sumbang Korban Banjir
  • <H2>: Nasi Goreng Kampung Ala d’ez
  • <H2>: Ini Dia, Tips Meredakan Sakit Gigi
  • <H2>: Pengen Gabung di Hijabers Community UI? Ini Caranya
  • <H2>: Tips Memilih Fotografer Pre-Wedding
  • <H2>: Ini Dia, Delapan Cara Praktis Agar Cepat Hamil
  • <H2>: Jangan Terkecoh! Ini Dia Tips Membeli Ban Mobil Bekas
  • <H2>: Tips Semangat Keja Setelah Libur Panjang
  • <H2>: Ini Dia, 8 Langkah Menangani Ular
  • <H2>: Banjir? Tenang..., dan Hadapi Saja!
  • <H2>: Cara Praktis Merawat Motor Trail
  • <H2>: Tips Merawat Vespa Agar Tetap Prima
  • <H3>: Novriyadi
  • <H3>: Artikel Lainnya
  • <H3>: Forum
  • <H3>: Tips Trik
  • <H4>: Selasa, 09 Oktober 2012
  • <H4>: Minggu 20/01/2013 04:07 WIB
  • <H4>: Sabtu 19/01/2013 00:00 WIB
  • <H4>: Add comment
  • <H4>: Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.
Oh YES! Tidak ada <H1>! Ini benar-benar peluang yang sangat baik untuk dimanfaatkan. Belum lagi <H2> juga terlalu beragam. Keragamannya itu malah mengacaukan fokus dari kata kunci untuk <H2> di halaman tersebut.....
Kesimpulan: Heading sangat buruk.
==========
Rasanya itu saja yang perlu saya perhatikan dengan serius dari optimisasi blog secara onpage, baik title tag, meta description, dan heading tag semuanya belum teroptimisasi dengan baik dan itu ialah peluang untuk diperbaiki.

Makara saya rangkum dulu tahap pertama ini dalam SWOT dari pesaing terhadap saya:
Strength / Kekuatan:
Kekuatan saya ialah mengetahui bahwa blog ini mempunyai optimisasi onpage yang tidak optimal, sehingga saya sanggup melaksanakan optimisasi yang lebih baik lagi dari segi onpage.

Weakness /  Kelemahan:
Kelemahan saya ialah kalau saya ingin menciptakan situs untuk menyaingi website ini, maka situsnya masih benar-benar muda dan harus bersaing dengan portal komunitas berusia 8 tahun untuk meraih posisi pertama. Belum lagi portal ini pada hompage mempunyai PR5 dan pada artikel mempunyai PR2.... Itu berarti blog gres saya nanti butuh banyak optimsasi dalam hal backlink

Opportunity / Kesempatan:
Seperti yang saya katakan sebelumnya untuk kata kunci yang saya incar ini, satu-satunya yang perlu dikuatirkan hanyalah sang juara 1, jadi kalau sekedar mau masuk halaman pertama saja.... sangatlah mudah. Itu berarti sebelum saya menjadi juara 1, artikel yang akan saya buat sanggup menduduki peringkat 2, atau 3 dan mendatangkan cukup banyak pengunjung ke blog saya. Walaupun jumlahnya tentu tidak sebanyak kalau saya juara satu.

Apakah ada peluang menjadi juara satu dengan mudah? Ya Masih Ada! Jika algoritma Google Panda memandang bahwa artikel saya masih "segar" dan ternyata bobot isinya juga melebihi artikel portal tadi, maka sanggup jadi ini akan sangat mudah. Tapi kalau saya gagal menciptakan artikel yang berkualitas SEO, maka terpaksa saya harus bermain keras di Optimisasi Offpage nantinya....

Threat / Ancaman
Sampai di sini bahaya yang lain belum terasa, tapi sanggup saja tiba-tiba muncul di tengah jalan bahaya baru. Misalnya, muncul blog lain yang mengejar kata kunci yang sama.... Atau lebih jelek lagi.... portal komunitas ini memperbaiki onpagenya!

Tahap Kedua Menjadi Juara Satu Google: Action!

Action yang bagaimana yang dimaksud? Tentu action dalam hal onpage dan offpage....

Optimisasi Onpage pada Blog Sendiri
Setelah mengetahui bahwa blog pesaing mempunyai onpage yang belum optimal, maka itu ialah kesempatan yang baik. Saya tinggal menciptakan artikel yang memenuhi standar SEO, baik dari segi title tag, meta description, dan heading tag, serta memberi cetak tebal (bold) pada beberapa kata kunci penting. Intinya saya harus menciptakan artikel yang cukup detail, dan kalau sanggup menghidangkan sesuatu yang gres untuk pembaca blog saya.... 

Tentu saja sebelum saya menciptakan artikel yang SEO friendly ini, blog saya sudah menggunakan template yang juga SEO friendly.... Tujuan utama dari template blog SEO Friendly ini ialah untuk memastikan tag <H1> pada blog saya nanti menggunakan kata kunci terpenting dalam artikel. Kalaupun dalam kasus saudara nanti, mau mempertahankan template yang lama, maka sebaiknya usahakan mengubah heading blog menjadi dynamic heading.

Optimisasi Offpage pada Blog Sendiri
Tentu saja optimisasi Offpage menyerupai promosi blog dan mencari backlink harus dijalankan. Saya harus mencari ribuan backlink dalam sebulan, dengan menggunakan variasi kata kunci yang cukup beragam....

Sebelumnya saya sudah menuliskan artikel cara mendapat backlink gratis dan berbayar.... tapi sehabis saudara memasang add-on penunjang pada browser.... nanti saya akan mengajak saudara berburu halaman dofollow dengan high Pagerank untuk dijadikan backlink.... Halaman-halaman ini bernilai ratusan kali halaman dofollow biasa.....

Tapi sabar ya.... tunggu artikel berikutnya saja. 

Ok, mungkin itu saja tahapan-tahapan dalam mengejar peringkat pertama atau juara 1 pada hasil pencarian Google..... Yang perlu teman-teman blogger pemula ingat ialah optimisasi itu sanggup berjalan cukup lama, yaitu sekitar 3-4 bulan sebelum jumlah pengunjung terlihat ramai.... Makara yang sabar saja jadi blogger ya....

0 Response to "Bagaimana Cara Jadi Juara 1 Google?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel