-->

Kenapa Pengunjung Blog Aku Berkurang Atau Tidak Stabil?

trafik pengunjung berkurang atau tidak stabil Kenapa Pengunjung Blog Saya Berkurang Atau Tidak Stabil?
Kenapa Pengunjung Blog Saya Berkurang Atau Tidak Stabil? Banyak blogger yang rutin memantau statistik blognya dan mengamati bahwa ternyata pengunjung blognya berkurang atau sekedar tidak stabil. Dalam kondisi yang normal seharusnya trafik pengunjung dari search engine itu relatif stabil. Tapi terkadang grafik menjadi begitu fluktuatif dan banyak blogger menjadi resah apa penyebabnya.

Niat awal aku bahwasanya mau menciptakan artikel ihwal cara mengidentifikasi persoalan berkurangnya trafik pengunjung dari mesin pencari menyerupai Google. Tapi sebelum itu, aku mau menyebarkan sedikit ihwal faktor-faktor EKSTERNAL yang sanggup menciptakan trafik blog kita berkurang. Bagi yang belum membaca faktor INTERNAL blog yang sanggup menimbulkan trafik berkurang sanggup baca di artikel 6 kesalahan penyebab pengunjung blog berkurang.

Dari pengalaman aku langsung ada 5 faktor eksternal yang sanggup menimbulkan berkurangnya pengunjung blog atau trafik tidak stabil.... Kelima faktor tersebut adalah:

1. Fluktuasi ranking kata kunci
2. Blog terkena Penalty
3. Berubahnya musim kata kunci
4. Algoritma Search engine berubah
5. Faktor X di luar teknis

Mari kita bahas satu persatu....

Penyebab #1 Pengunjung Blog Berkurang / Tidak Stabil: Fluktuasi ranking kata kunci

Sudah bukan rahasia, bahwa posisi ranking mensugesti jumlah pengunjung blog kita. Menurut statistik persentase klik untuk setiap posisi kata kunci yakni sebagai berikut:
Posisi 1 = 56%
Posisi 2 = 13%
Posisi 3 = 10%
Posisi 4 = 4%
Posisi 5 = 4,7%
Posisi 6 = 3,2%
Posisi 7 = 0,4%
Posisi 8 = 3%
Posisi 9 = 1,5%
Posisi 10 =  2,5%

Makara di mana posisi link saudara pada hasil pencarian akan memilih jumlah pengunjung ke blog saudara. Misalnya, kalau dalam sehari ada 1000 orang yang mencari kata kunci X, maka juara 1 akan menerima 560 kunjungan dari kata kunci X tersebut, sedangkan juara 4 hanya akan menerima 40 kunjungan saja.

Bisa saudara lihat bahwa ranking 7 yakni ranking yang paling tidak menguntungkan. Makara kalau ranking saudara berfluktuasi dari 5 menjadi 7, maka akan sangat terasa pengurangan pengunjung pada kata kunci tersebut. Jika mengikuti teladan di atas, maka trafik yang semula berkisar di 47 orang akan menjadi tinggal 4 orang saja.

Masalahnya yakni "Apa yang mengakibatkan ranking sanggup turun?" Ada 3 hal yang sanggup menjadi penyebab peringkat blog saudara merosot untuk suatu kata kunci. Ketiga hal tersebut adalah:
  • Berkurangnya Backlink, yang tentu saja sanggup jadi cukup untuk mengurangi Google pagerank
  • Bermunculan kompetitor yang melaksanakan optimisasi untuk mengalahkan anda, atau
  • Faktor internal menyerupai terlalu banyak komentar yang justru mengurangi fokus kata kunci pada artikel tersebut.Sebagai jadinya relevansi artikel saudara dengan kata kunci sanggup berkurang.

Penyebab #2 Pengunjung Blog Berkurang / Tidak Stabil: Terkena Penalty

Yang ini tidak perlu dijelaskan panjang lebar. Kalau blog terkena penalty sudah niscaya akan bermasalah dalam hal trafik dari search engine. Untuk klarifikasi selengkapnya, baca di 9 Jenis Penalty Google

Penyebab #3 Pengunjung Blog Berkurang / Tidak Stabil: Berubahnya musim Kata Kunci

Anggap saja menyerupai ini, saudara menulis sebuah artikel isu yang sedang marak, dan ternyata berhasil merebut posisi pertama.... Tentu hal ini akan menimbulkan pertambahan jumlah pengunjung yang cukup signifikan. Lalu tiba-tiba persoalan isu itu selesai, atau masyarakat jadi tidak tertarik lagi sebab bosan, maka trafik blog pun akan mulai turun. Makara kalau saudara mengandalkan artikel-artikel dengan musim sesaat menyerupai ini ... maka saudara harus rajin mengamati apa yang sedang musim di masyarakat ketika ini dan mengoptimisasinya sebelum musim tersebut meredup.

Penyebab #4 Pengunjung Blog Berkurang / Tidak Stabil: Algoritma Search Engine Berubah

Seperti yang terjadi baru-baru ini, dunia SEO internasional heboh sebab ranking berfluktuasi dengan sangat tidak stabil semenjak tanggal 10 Januari dan mencapai puncaknya pada tanggal 16 dan 17 Januari 2013. Banyak web yang mengeluh trafiknya drop 25% - 40%, tapi ada juga yang bahagia sebab trafiknya naik.... Walaupun Google menyangkal ada update pada algoritmanya, tapi fakta bahwa fenomena ini muncul di seluruh belahan dunia cukup meyakinkan bahwa ini ada kaitannya dengan algoritma. Entah itu update sembunyi-sembunyi atau sekedar bug di dalam sistemnya.

Penyebab #5 berkurangnya Pengunjung Blog: Faktor X

Faktor X ini sanggup apa saja, menyerupai peristiwa alam, hari raya dan masalah-masalah lainnya. Jika terjadi persoalan pada daerah-daerah yang menjadi sumber trafik utama, maka sanggup saja trafik turun. Sebagai teladan blog-blog yang sumber trafik utamanya berdasarkan geo location berasal dari Jakarta... ketika banjir melanda Jakarta, sanggup saja aktifitas online sebagian orang Jakarta menjadi terganggu.... dan trafik saudara sanggup drop 10% - 25%.

Faktor X yang lain yakni hari raya. Misalnya pada hari raya idul fitri, blog dengan tema-tema tertentu sanggup menjadi sepi..... contohnya blog tutorial aku ini, trafiknya sanggup drop hingga 30% dalam satu ahad perayaan Idul Fitri. Di sisi lain, blog-blog dengan tema masakan hari raya akan laku manis. Makara kalau saudara mengelola blog yang isinya campur aduk. Pintar-pintarlah melihat musim menyerupai ini, untuk menaikkan jumlah pengunjung blog.

Makara itulah 5 faktor eksternal yang sanggup mensugesti jumlah pengunjung pada blog saudara. Di artikel selanjutnya aku akan menyebarkan cara mengidentifikasi masalahnya, dan solusi apa saja yang tersedia buat teman-teman blogger....

0 Response to "Kenapa Pengunjung Blog Aku Berkurang Atau Tidak Stabil?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel