Cara Menciptakan Blog Yang Benar Untuk Bisnis Online
Artikel cara menciptakan blog yang benar untuk bisnis online ini sengaja dibentuk untuk membantu mereka yang mencoba memanfaatkan blog sendiri sebagai media promosi. Kenapa ini perlu? Karena banyak sekali orang yang sudah tertangkap berair bisnis onlinenya akan gagal semenjak blog mereka jadi....
Di dalam artikel ini saya tidak akan membahas lagi cara menciptakan blog sendiri menggunakan blogspot atau cara menciptakan website menggunakan CMS wordpress. Itu silahkan teman-teman baca sendiri dengan mengklik link di atas.
Saya anggap teman-teman sudah memiliki blognya, tinggal bagaimana cara menciptakan blog yang sudah ada ini menjadi cukup powerful sebagai alat marketing online anda.... Kaprikornus mari kita lakukan tahap pertama dari menciptakan sebuah blog untuk bisnis.
Kaprikornus coba daftarkan akun Google anda pada adwords dan lakukan riset untuk mengetahui jumlah pencarian bulanan di dalam bisnis anda. Tapi sebelum anda melaksanakan itu sebaiknya anda duduk di meja dengan selembar kertas dan tuliskan kata-kata kunci apa saja yang akan mungkin diketikkan oleh orang yang mencari produk anda....
Buat kata-kata kunci di dalam daftar anda dengan panjang maksimal 3 kata alias (kata kunci pendek). Kumpulkan beberapa kata kunci pendek tersebut dan riset dengan menggunakan Google Keyword Planner. Lebih jelasnya baca artikel di bawah ini....
Cara Melakukan Riset Kata Kunci di Google Keyword Planner
Melakukan Riset Kata Kunci Sebelum Membuat Blog
Ini yakni langkah paling awal yang perlu anda lakukan sebelum menciptakan blog untuk bisnis online anda. Ini sangat perlu! Jangan hingga anda sudah mengeluarkan waktu, uang, dan tenaga hanya untuk membangun sesuatu yang sebetulnya pencariannya sangat minim.Kaprikornus coba daftarkan akun Google anda pada adwords dan lakukan riset untuk mengetahui jumlah pencarian bulanan di dalam bisnis anda. Tapi sebelum anda melaksanakan itu sebaiknya anda duduk di meja dengan selembar kertas dan tuliskan kata-kata kunci apa saja yang akan mungkin diketikkan oleh orang yang mencari produk anda....
Buat kata-kata kunci di dalam daftar anda dengan panjang maksimal 3 kata alias (kata kunci pendek). Kumpulkan beberapa kata kunci pendek tersebut dan riset dengan menggunakan Google Keyword Planner. Lebih jelasnya baca artikel di bawah ini....
Cara Melakukan Riset Kata Kunci di Google Keyword Planner
Kalau jumlah pencariannya cukup baik, dan anda merasa sanggup merubah 1 dari 100 orang itu menjadi konsumen, maka itu membuktikan awal bahwa anda bisa memulai bisnis online anda... Tapi apakah 1/100 dari jumlah pencarian yang anda temukan itu sudah cukup memuaskan anda? Jika ya, silahkan melanjutkan membangun toko online anda....
Sebenarnya 1 dari 100 orang itu bukan angka baku. Ada bisnis yang lebih lecil dari itu, dan ada juga bisnis yang bisa menyentuh 10 dari 100 orang...
Menentukan Jenis Dari Bisnis Online Anda
Ini yakni sesuatu yang sangat penting, alasannya yakni anda harus bisa membedakan jenis bisnis anda dari bisnis yang lainnya. Beda jenis bisnisnya, beda pula rancangan blog yang harus dibuat. Kaprikornus mana di antara 3 jenis di bawah ini yang sesuai untuk bisnis anda?- 1 kategori produk saja dan 1 item
- 1 kategori produk saja dan banyak item
- Banyak kategori produk dan tentu saja banyak item
Kenapa anda harus mengetahui hal yang satu ini? Karena dalam merancang sebuah blog untuk keperluan bisnis anda harus memikirkan yang namanya landing page. Apa itu landing page? Itu yakni sebuah halaman yang anda targetkan sebagai daerah para pengunjung akan tiba dari mesin pencari. Kaprikornus halaman itu harus benar-benar dibentuk serepresentatif mungkin sehingga lebih banyak pengunjung yang bermetamorfosis konsumen.
Cara Membuat Blog Untuk 1 Kategori 1 Line Item
Untuk melaksanakan ini, maka anda harus menimbulkan homepage sebagai landing page utama sekaligus halaman untuk mendeskripsikan produk secara detail. Anda bisa menambahkan halaman-halaman lain sebagai penunjang menyerupai cara memesan, atau halaman yang menjelaskan profil bisnis anda.
Apakah hanya itu saja yang perlu anda buat? Tentu tidak. Kebanyakan produk itu hanya memiliki pencarian yang kecil, jadi anda harus menciptakan sebanyak mungkin artikel yang berada di seputaran produk itu.
Misalnya anda menciptakan blog untuk menjual produk A yang berkhasiat untuk menghilangkan jerawat, maka anda bisa menciptakan banyak artikel seputar jerawat. Tujuannya yakni untuk menjaring pengunjung yang yakni pasar potensial bagi produk anda.... Kaprikornus semakin banyak artikel, maka akan semakin banyak pula ragam kata kunci yang akan anda kuasai.
Mungkin ada yang bertanya, kalau terus menambah artikel, maka artikel landing page akan tersingkir dari homepage.... Tentu tidak kalau anda menciptakan artikelnya statis menyerupai yang ada di homepage blog saya ini. Kaprikornus walaupun saya terus menambah artikel .... tetap saja artikel statis itu ada di homepage.
Jadi untuk tipe ini hanya ada 1 landing page yaitu homepage. Sedangkan artikel pelengkap yakni bersifat sebagai "jaring" untuk mendapat lebih banyak lagi pengunjung.....
Jadi untuk tipe ini hanya ada 1 landing page yaitu homepage. Sedangkan artikel pelengkap yakni bersifat sebagai "jaring" untuk mendapat lebih banyak lagi pengunjung.....
Cara Membuat Blog Untuk 1 Kategori dengan Banyak Line Item
Hampir semuanya sama dengan di atas, yang berbeda hanyalah klarifikasi detil dari setiap produk anda buatkan halaman sendiri, dan jangan difokuskan pada homepage alasannya yakni terlalu banyak variasi akan melemahkan fokus kata kunci.
Itu berarti homepage ditujukan untuk menguasai kata kunci yang umum saja. Misalnya anda menciptakan blog untuk menjual tas, maka halaman muka itu ditargetkan menguasai kata kunci "jual tas online" atau "toko tas online"; sedangkan halaman artikel dibentuk untuk menguasai kata kunci yang lebih mendetil lagi alias long tail keyword seperti: "Jual Tas Kantor warna merah 3 ruang", atau "Jual Tas Pesta Kulit Warna Coklat". Kalau anda merasa variasi produk sangat banyak, maka tidak perlu lagi menciptakan artikel penunjang.... Tapi tidak ada salahnya juga jikalau anda mau membuatnya.
Di sini Landing Page bisa cukup menyebar, alasannya yakni homepage tetap sebagai landing page keyword utama, dan halaman-halaman produk menjadi landing page untuk long tail keyword
Itu berarti homepage ditujukan untuk menguasai kata kunci yang umum saja. Misalnya anda menciptakan blog untuk menjual tas, maka halaman muka itu ditargetkan menguasai kata kunci "jual tas online" atau "toko tas online"; sedangkan halaman artikel dibentuk untuk menguasai kata kunci yang lebih mendetil lagi alias long tail keyword seperti: "Jual Tas Kantor warna merah 3 ruang", atau "Jual Tas Pesta Kulit Warna Coklat". Kalau anda merasa variasi produk sangat banyak, maka tidak perlu lagi menciptakan artikel penunjang.... Tapi tidak ada salahnya juga jikalau anda mau membuatnya.
Di sini Landing Page bisa cukup menyebar, alasannya yakni homepage tetap sebagai landing page keyword utama, dan halaman-halaman produk menjadi landing page untuk long tail keyword
Cara Membuat Blog Untuk Banyak Kategori dengan Banyak Line Item
Kalau bentuk bisnis anda menyerupai ini, maka anda harus menciptakan blog yang cukup mengutamakan peranan dari halaman-halaman kategori.... Itu berarti halaman muka, halaman kategori, dan halaman produk akan menjadi landing page di blog ini....
Jadi homepage menjadi landing page keyword umum menyerupai "Jual Online Terpercaya. Setelah itu halaman kategori menjadi landing page utama dari produk, contohnya menargetkan kata kunci "Jual Online Jaket Motor Wanita".... Sekarang tinggal mengoptimasi halaman-halaman produk menjadi sasaran untuk kata kunci panjang, menyerupai "Jual online jaket motor perempuan materi kulit domba jepara warna hitam"
Jadi menyerupai yang anda lihat, semakin kompleks produk anda, maka semakin banyak pula landing page yang anda butuhkan, sehingga semakin besar pula potensi trafik yang bisa anda dapatkan ... Are you happy? Nanti dulu, alasannya yakni ini akan diikuti pertambahan persentase beban backlink yang pada website gabungan akan jauh lebih besar dari pertambahan persentase trafiknya... Are you ready?
Merancang Landing Page Pada Blog Yang Akan Dibuat
Saya ulangi terlebih dahulu, bahwa landing page itu yakni halaman yang anda harapkan menjadi daerah yang paling sering dikunjungi oleh pembaca. Oleh jadinya anda harus mempersiapkan halaman ini menjadi sebuah halaman yang sanggup meyakinkan pembaca akan produk anda.
Berapa dari anda yang pernah membuka sebuah blog bisnis online yang dibentuk tidak ada bedanya dengan blog pribadi? Dengan desain ala kadarnya dan domain gratisan mereka berharap bisa mendapat pembeli. Apakah anda ketika mengunjungi blog menyerupai itu anda tertarik untuk membeli?
Prinsip sederhana dari menciptakan sebuah blog bisnis online yakni "kenakan beling mata konsumen" ketika menciptakan blog anda. Ada banyak sekali orang yang menciptakan goresan pena panjang lebar alias bertele-tele alasannya yakni begitu bersemangat untuk menjelaskan semua kehebatan produknya dalam satu halaman.
Kaprikornus saya mau membagi sebuah fakta untuk anda bahwa kebanyakan orang malas membaca....
Perhatikan bahwa 500 kata untuk konten sebuah landing page itu sudah sangat mencukupi. Cukup dalam artian memadai untuk SEO, dan juga cukup untuk menjelaskan produk atau bisnis secara garis besarnya. Sangat disarankan untuk tidak jauh melebihi jumlah kata ini, alasannya yakni kita berniat membangkitkan antusiasme pembacanya dan bukan menciptakan mereka mengantuk.
Jika saya tahu orang malas membaca... kemudian kenapa artikel ini dan artikel saya yang lainnya panjang-panjang? Sederhana saja, alasannya yakni ini ditujukan untuk pembelajaran bagi pemula dan bukan jualan.... Artikel untuk pembelajaran harus dibentuk sedetil mungkin. Jika pengunjungnya malas membaca, ya berarti memang hasratnya pada bidang yang sedang dibahas itu tidak ada..... dan saya tidak rugi apapun (^_^)
Ok, kini coba lihat dua pola dari landing page di bawah ini....
Saya memasang gambar di atas sama sekali bukan untuk ditiru mentah-mentah, alasannya yakni bisnis anda pastinya punya abjad tersendiri. Bagi anda yang memiliki banyak produk, tentunya desain di atas akan sulit untuk anda terapkan pada landing page anda.
Yang ingin saya tekankan yakni perencanaan dari landing page itu harus dipikirkan sematang mungkin. Mulai dari perpaduan warna, teks, dan gambar....semuanya itu harus ditujukan untuk kenyamanan mata pengunjung blog bisnis anda.
Dan tentunya anda mau bertindak sebagai seorang marketing profesional yang menentukan penggunaan kata-kata yang ringkas tapi tepat.... dan ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang bisa memposisikan dirinya pada posisi seorang konsumen.
Berikut ini yakni pola desain landing page yang bisa anda coba:
Berikut ini yakni pola desain landing page yang bisa anda coba:
Gunakan Domain Sendiri Pada Saat Membuat Blog Bisnis Online Anda
Sekarang anda sudah selesai menciptakan blog untuk bisnis anda, dan anda merasa tampilan dari blog ini sudah Ok. Apakah itu berarti anda sudah siap? Belum, pertimbangkan lagi satu hal ini: "Orang-orang akan sulit mempercayai anda jikalau anda menggunakan nama domain gratisan". Kalau konsumen anda yakni orang yang buta internet mungkin tidak menjadi masalah... Tapi kalau sebaliknya, maka anda akan terlihat tidak bonafid, alasannya yakni membayar 100 ribu rupiah per tahun untuk sebuah nama domain saja tidak bisa.
Lakukan Optimasi Pada Blog Yang Baru Anda Buat
Selesai menciptakan blog bukan final dari perjalanan, tapi awal dari perjalanan beratnya. Sekarang anda harus membawa banyak orang menuju halaman website anda. Anda bisa mengundang banyak orang dari aneka macam media sosial, tapi tetap saja sumber trafik terbaik yakni mesin pencari, alasannya yakni mereka yang tiba dari mesin pencari itu memang benar-benar membutuhkan barang atau jasa, alasannya yakni mereka yang mencari sendiri.
Kaprikornus silahkan menuju homepage dari blog trikmudahseo ini dan berguru tahap demi tahap mengoptimasi blog anda.
0 Response to "Cara Menciptakan Blog Yang Benar Untuk Bisnis Online"
Post a Comment