-->

Tips Menentukan Produk Atau Jasa Untuk Bisnis Online Anda

cara menentukan produk untuk bisnis online anda Tips Memilih Produk atau Jasa Untuk Bisnis Online Anda
Saat ini ada berbagai orang yang tertarik untuk menjalankan bisnis online. Kaprikornus rasanya saya perlu menjelaskan bahwa menentukan produk untuk bisnis online yaitu tahapan paling awal sebelum anda menjalankan bisnis itu sendiri.

Ok, kini pertanyaannya yaitu "Kenapa ini yaitu tahapan paling awal?"

Ini menjadi tahapan paling awal sebab ini yaitu penentuan akan segala sesuatu yang akan terjadi di bisnis online anda.

Apapun produk atau jasa yang akan anda pilih itu yang akan menentukan market, perilaku konsumen, margin keuntungan, persaingan, dan masih banyak lagi. Jika anda salah menentukan produk untuk bisnis online anda, maka sanggup jadi anda harus bekerja keras untuk hasil yang terlalu sedikit.

Ini yaitu pengetahuan penting ketika anda berguru cara mendapatkan uang dari internet. Kaprikornus saya berusaha menciptakan artikel ini dalam bahasa yang sederhana supaya gampang untuk dimengerti bahkan oleh pemula.

Ok, jadi saya berikan dulu citra besar, hal-hal yang perlu anda pertimbangkan dalam menentukan produk untuk bisnis online anda, yaitu:
  1. Pengetahuan anda wacana produk atau jasa tersebut
  2. Sistem pemenuhan produk atau jasa yang akan ditawarkan
  3. Pengetahuan anda wacana calon konsumen
  4. Profit yang anda harapkan secara realistis
  5. Budget anda untuk melaksanakan promosi
Setidaknya 6 hal di atas inilah yang harus anda perhatikan kalau anda ingin memiliki peluang membangun bisnis online yang menghasilkan.... Kaprikornus harap membaca dengan seksama sharing pengalaman saya berikut ini. Mudah-mudahan sharing pengalaman ini sanggup mencegah anda membuang-buang waktu di bisnis online anda, dan sanggup lebih efisien dalam mencari keuntungan....

PENGETAHUAN ANDA TENTANG PRODUK/JASA

"Jangan menciptakan pembeli anda melarikan diri"

Saat anda memulai bisnis online anda untuk mendapatkan uang dari internet. Anda harus sangat yakin dengan pengetahuan anda akan produk atau jasa yang akan anda tawarkan.

Bisnis di internet memang murah sebab anda tidak perlu mendirikan toko atau membayar banyak pegawai.... TAPI! Bisnis di internet persaingannya sangat keras, sebab perbandingan antara jumlah penyedia dan jumlah market jauh lebih berat dibandingkan persaingan di dunia nyata.

Singkat kata, skill dan pengetahuan anda di produk dan jasa yang anda tawarkan akan membantu anda mendapatkan reputasi secara online. Reputasi online ini secara perlahan, mungkin dalam setengah tahun atau setahun setelah anda mulai berbisnis, akan mulai mendatangkan pembeli-pembeli yang direkomendasikan oleh pelanggan anda.

Ini juga akan mencegah langganan anda beralih ke penyedia produk atau jasa serupa. Dengan demikian bisnis anda akan semakin besar dari hari ke hari.

Hehehe.... ya tentu itu yaitu dongeng jangka panjangnya. Cerita jangka pendeknya ada di duduk kasus customer service.
cara menentukan produk untuk bisnis online anda Tips Memilih Produk atau Jasa Untuk Bisnis Online Anda

Anda tidak akan mendapatkan telpon sekali dan sehabis itu eksklusif deal. Akan ada tanya jawab di mana tanya jawab ini yaitu momen untuk anda menaikkan kepercayaan calon pembeli dan meyakinkan calon pembeli bahwa mereka membutuhkan produk atau jasa anda.

Skill dan pengetahuan yang rendah akan menciptakan anda gagal di tahap ini. Alangkah sangat disayangkan kalau anda mendapatkan berbagai telepon, tapi yang closing hanya sedikit...atau bahkan tidak ada.

Saya sendiri memiliki bisnis, dan closing saya mencapai 90% lebih. Itu semua sebab pengetahuan saya di produk-produk dan jasa-jasa yang saya tawarkan memang sudah sangat lengkap....

Kesimpulannya, anda harus terlihat sangat paham dengan apa yang anda kerjakan dan tawarkan di hadapan customer anda.

 SISTEM PEMENUHAN PRODUK DAN JASA

"Buatlah Sistem Yang Memberi Keuntungan Terbesar Dengan Beban Usaha Termudah"

Apapun tugas yang anda pilih; mau itu produsen, distributor, atau sekedar reseller/dropshiper. Anda harus selalu menentukan dengan baik siapa saja yang menjadi supplier materi baku, produk, maupun jasa anda. Hal ini termasuk memperhatikan proses produksi atau proses kerja dari bisnis anda. 

Anda pastinya ingin selalu mendapatkan harga materi baku, atau harga barang yang paling murah. Kaprikornus apakah anda sudah mengumpulkan daftar supplier yang sanggup menunjukkan anda pasokan materi baku atau pasokan produk dengan harga termurah? Ini akan sangat mensugesti nilai laba yang akan anda buat nantinya di bisnis online.

Dan kalau anda bermain di sektor jasa, maka anda harus mempersiapkan sistem yang paling efisien, sehingga anda sanggup memenuhi undangan klien anda dengan kerja seringan mungkin, sehingga anda sanggup menangani banyak undangan sekaligus.

cara menentukan produk untuk bisnis online anda Tips Memilih Produk atau Jasa Untuk Bisnis Online Anda

Jika sistem anda tidak efisien, sanggup jadi anda menjadi terlalu capek untuk bayaran yang tidak sepadan. Bagaimanapun harga produk dan jasa itu ditentukan oleh pasar, jadi anda yang harus merampingkan produksi dan sistem kerja anda untuk memperbesar marjin keuntungan.

PENGETAHUAN ANDA TENTANG CALON KONSUMEN

cara menentukan produk untuk bisnis online anda Tips Memilih Produk atau Jasa Untuk Bisnis Online Anda
"Anda akan mengetahui apa yang diharapkan orang lain, kalau anda mengenal mereka"

Bisnis yaitu daerah di mana anda berusaha memenuhi kebutuhan banyak orang. Anda tidak harus mengenal calon konsumen anda secara pribadi satu per satu. Anda cukup menciptakan profil umum dari calon konsumen di dalam market anda.

Banyak sekali pebisnis online yang asal nyemplung saja ke bisnis online tanpa menciptakan penelitian awal wacana calon konsumennya. Prinsip mereka sederhana saja... "Yang mau beli ya belilah, yang ngak ya ngak papa"...

Penelitian wacana calon konsumen itu sangat penting. Di sini anda harus mencari tahu konsumen anda itu rata-rata usianya berapa, profesinya apa, perjaka atau cewek, kisaran penghasilannya berapa, daerahnya di mana, dan masih banyak lagi.

Penelitian menyerupai ini akan membantu anda menarget konsumen yang peluang menghasilkan profitnya paling tinggi....

Kalau konsumen anda berada di kalangan anak muda; tentunya anda ingin mendesain iklan yang fun dan lagi gaul di ketika itu. Kalau konsumen utama anda yaitu kalangan yang sudah cukup berumur atau berkeluarga, tentunya anda harus menggunakan bahasa yang lebih baku dan lebih menyentuh duduk kasus hidup mereka sehari-hari....

Salah konsep iklan, maka anda akan melihat dagangan anda tidak dilirik konsumen.

Dengan mengenali batasan-batasan konsumen yang potensial juga akan membantu anda memahami mana yang peluang dealnya tinggi, dan mana yang cuma pemberi keinginan palsu.

Tentunya anda harus melayani semuanya, sebab anda tentunya tidak mau kehilangan satu peluang pun; tapi setidaknya anda tahu di mana anda sanggup lebih berharap terjadinya deal. Dan yang terpenting lagi yaitu anda tahu harus memprioritaskan calon pembeli yang mana ketika anda harus menentukan di antara keduanya.

Kaprikornus tujuan dasar dari mengenali konsumen yaitu mengasah cara anda menarget dan "membujuk" mereka untuk mempergunakan atau membeli produk anda. Ke depan anda akan mempelajari bagaimana cara mengenal konsumen bisnis anda, atau bahasa umumnya yaitu PENARGETAN KONSUMEN.

PROFIT YANG ANDA HARAPKAN SECARA REALISTIS

cara menentukan produk untuk bisnis online anda Tips Memilih Produk atau Jasa Untuk Bisnis Online Anda
Tentu saja anda berbisnis untuk menghasilkan uang atau laba alias profit. Tapi tentu anda harus mengetahui seberapa besar potensi profit anda yang akan anda peroleh kalau anda menentukan produk tersebut.

Untuk memiliki bayangan wacana hal ini, yang perlu anda lakukan yaitu mencari tahu 3 hal berikut:
  • Potensi pengunjung harian
  • Besaran konversi pengunjung menjadi pembeli
  • Besar laba per pembelian

Tentunya secara realistis anda akan sulit berharap menjadi sangat kaya dalam waktu singkat kalau dagangan anda yaitu pakaian dalam, atau sejenisnya. Anda sanggup berharap menjadi kaya dalam waktu singkat kalau anda bermain di logam/batu mulia dan properti.... TAPI; perbandingan antara jumlah penyedia, dan jumlah peminat di niche ini akan menciptakan persaingan menjadi sangat keras.

Contoh masalah nih ya....
  • Anda menjual jaket kulit domba garut dengan kisaran harga Rp.1.000.000
  • Potensi pengunjung harian rata-rata 800 per hari
  • Pengunjung yang bertanya ada 10% atau 80 orang per hari
  • Dan dari yang bertanya ada sekitar 20 yang membeli jaket kulit ini setiap harinya
  • Itu berarti konversi dari pengunjung menjadi pembeli ada sebesar 2,5%
  • Jika laba per jaket yaitu Rp.150.000, itu berarti laba per hari ada di sekitar 3 jutaan rupiah.
Apakah laba itu memuaskan anda? Jika ya maka ini yaitu produk yang sanggup anda pilih untuk anda usahakan di bisnis online. Jika tidak, silahkan anda coba mencari produk lainnya....

BUDGET UNTUK MELAKUKAN PROMOSI

Anda juga perlu mengetahui bahwa setiap produk itu memiliki tipikal market yang berbeda. Kaprikornus otomatis beda produk akan memerlukan budget yang berbeda.  Jangan hingga anda berpikiran bahwa produk dengan laba besar niscaya mahal biaya promosi onlinenya.

Itu semua tergantung pada besarnya market. Kalau marketnya sangat spesifik alias sedikit, maka biaya promosinya juga akan sedikit saja di bandingkan laba yang akan anda buat nantinya.

Anda harus menyiapkan budget promosi kalau anda ingin cepat melihat trafik di awal bisnis online anda. Mempelajari duduk kasus iklan berbayar ini yaitu salah satu hal yang perlu anda ketahui ketika anda berguru cara mendapatkan uang dari internet.

Kalau budget anda sangat besar, maka besar kemungkinan anda sanggup mengusai semua market internet untuk produk anda. Tapi kalau anda termasuk memiliki budget yang sedikit atau bahkan seret sekali. Mungkin anda harus bekerja keras dan mencoba peruntungan anda di SEO.

Kaprikornus ke depannya anda akan mempelajari bagaimana cara merencanakan promosi bisnis online anda, dan bagaimana anda sanggup belajar SEO secara perlahan (jangan buka link tadi ya...belajar itu harus runut biar ngak mabuk 😊 ). Proses pembelajaran ini sendiri sanggup memakan waktu 2 hingga 4 bulan kalau anda mau mengikutinya secara benar.

1 Response to "Tips Menentukan Produk Atau Jasa Untuk Bisnis Online Anda"


  1. Hello,

    we provide affordable and result-oriented SEO services, please give a chance to serve you.


    Thanks
    Admin: E07.net

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel