-->

12 Kesalahan Membangun Bisnis Online Yang Paling Sering Terjadi

 kesalahan yang umum dilakukan di dalam membangun bisnis online 12 KESALAHAN MEMBANGUN BISNIS ONLINE YANG PALING SERING TERJADI
Sudah terlalu banyak saya bertemu dengan orang-orang yang ingin membangun bisnis online yang sukses, tapi galau dan tidak tahu caranya. Mereka hanya terus menciptakan kesalahan-kesalahan yang bisa dikatakan membuang waktu dan uang mereka dalam menyebarkan bisnis online mereka.

Oleh alasannya itu di sini saya mau membagikan kepada teman-teman pembaca blog ini kesalahan-kesalahan SEO (optimasi mesin pencari) yang paling umum dilakukan oleh mereka yang melaksanakan bisnis online.

Jika anda gres akan menciptakan web anda, maka ada baiknya anda membaca semuanya.... Jika anda sudah terlanjur menciptakan website anda, maka anda tetap saja perlu membaca semuanya, biar ke depannya anda tidak melaksanakan kesalahan yang lainnya.

KESALAHAN 1: MEMAKAI DOMAIN GRATISAN

Dalam membangun bisnis, anda memerlukan sesuatu yang disebut sebagai rasa percaya. Anda sulit berharap orang akan deal dengan bisnis online anda kalau bisnis online anda masih menggunakan domain blogspot atau wordpress atau co.cc, dan sebagainya.

Kenapa orang sulit mempercayai domain gratisan? Karena benar-benar tidak bermodal, dan bisa dibentuk massal untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab. Bukankah banyak penipu yang mengirim SMS menggunakan alamat blog gratisan?

Kaprikornus kalau tujuan anda ialah meraih banyak pembeli di dalam bisnis online anda, maka sebaiknya anda menghindari menggunakan domain gratisan. Sayang sekali kalau anda sudah menghabiskan waktu anda untuk menciptakan banyak artikel, dan setelah itu menghabiskan banyak waktu atau biaya untuk backlink, tapi ternyata setelah anda ranking, anda tidak mendapat penjualan apapun hanya alasannya domain anda yang gratisan.....

Kesalahan menyerupai ini bisa anda hindari hanya dengan merogoh kocek 100 ribuan per tahun untuk membeli nama domain. Beli yang .com, alasannya versi ini yang paling gampang diingat orang. Jangan hingga pelanggan anda nyasar ke website orang alasannya mengetik versi .com, sedangkan anda menggunakan versi lainnya.

KESALAHAN 2: MEMBUAT WEBSITE HOST SENDIRI DI SERVER YANG PAYAH

Ini ialah kesalahan yang cukup sering terjadi, tampaknya dari 10 pebisnis ada 1 yang menggunakan server yang payah. Selain lambat dalam waktu pemuatan, seringkali server memblokir robot dari Google. Ini ialah penyakit yang kalau tidak cepat disadari akan mengakibatkan kerugian alasannya peringkat anda di Google akan terus merosot.

Seringkali orang merasa onpage atau backlinknya yang gagal, dan menghabiskan waktu untuk mengorek semua hal itu, tapi tidak terjadi perubahan alasannya masalahnya ada pada layanan dari server daerah websitenya di host.

Untuk mengetahui apakah website anda tidak bermasalah dengan Googlebot, maka anda bisa mencoba fitur di google Webmaster Tools yang disebut Fetch as Google. Jika ini sukses, maka seharusnya website anda baik-baik saja. Tapi kalau ini gagal, atau anda sendiri sulit membuka website anda (lambat loading), maka anda harus segera mengajukan permohonan pengecekan ke pemilik layanan server.

Tapi satu hal yang perlu anda ketahui, yaitu layanan dari server itu diadaptasi dengan harga. Anda tidak bisa mengharapkan kecepatan yang prima, kalau menentukan paket yang paling murah. Anda harus fair, alasannya di dalam bisnis ada yang namanya investasi.

KESALAHAN 3: DESAIN WEBSITE YANG TERLALU MENYEDIHKAN

Yang dimaksud dengan desain menyedihkan itu ialah desain yang seadanya dan tidak profesional, menyerupai orang yang gres berguru menciptakan halaman website dan sudah kebelet mau bermain bisnis online.

Kesalahan dalam bisnis online yang satu ini sifatnya sama dengan kesalahan alasannya nama domain gratisan; di mana anda akan terlihat tidak profesional. Desain website yang sangat awut-awutan atau terlalu polos tidak akan mengundang orang untuk menggunakan atau membeli produk anda. Anda harus menguasai bagaimana cara mengatur warna dan posisi dari setiap elemen untuk “menguasai otak” dari pengunjung website anda

Banyak orang yang gagal dalam menjual walaupun sudah membeli nama domain dan web hosting sendiri.... dan semua itu alasannya tampilan dari websitenya masih terlihat menyedihkan.

Tanpa bermaksud jelek saya ingin membandingkan ini dengan beberapa pebisnis MLM yang biasa mempromosikan kesuksesan tapi dandanannya miris. Kesalahan bukan pada industrinya, tetapi pada penampilan pemasarnya.

Anda tidak bisa meyakinkan orang kalau penampilan anda sendiri sangat meragukan. Percuma bicara mengenai garansi ini dan itu terhadap produk anda kalau ternyata anda tidak bisa menciptakan website yang terlihat serius. Teman saya sudah menandakan bahwa konversi penjualan webnya naik dari 1% ke 6%-7% dikala ia merogoh kocek  untuk membayar jasa web designer profesional, atau sekedar membeli template bisnis online profesional yang sudah tersedia di pasaran.

KESALAHAN 4: MEMBUAT TITLE TAG YANG RAKUS

Apakah anda pernah melihat website yang menggunakan title tag yang sangat panjang menyerupai di bawah ini:
JUAL SEPEDA MOTOR MEREK HONDA, SUZUKI, YAMAHA DENGAN HARGA MURAH KREDIT BUNGA RINGAN DP TERJANGKAU DI KOTA JAKARTA ON THE ROAD BLA....BLA....BLA

Tujuan penggunaan title menyerupai ini sudah jelas, yaitu untuk menguasai sebanyak mungkin kata kunci yang bisa dikuasai. Tapi ini ialah kesalahan fatal. Anda tidak bisa serakus ini, alasannya poin dari title tag anda akan dibagi ke setiap kata sehingga setiap kata hanya akan mendapat sedikit saja poin. Alih-alih menguasai banyak kata kunci, anda justru akan gagal di semua kata kunci, alasannya setiap kata kunci mendapat poin yang kecil-kecil.

Apa solusinya kalau ingin menguasai aneka macam kata kunci? Solusinya Cuma satu, yaitu anda harus menciptakan lebih banyak halaman, dan setiap halaman harus anda buat dengan artikel yang panjangnya setidaknya 900 kata. Tunjukkan sedikit ke Google, bahwa anda serius mau sukses di bisnis online anda dan anda tidak main-main.

Tujuan dari menciptakan banyak artikel ini ialah biar anda bisa membagi title tag yang panjang tadi ke dalam title tag yang panjangnya hanya 5-7 kata.

KESALAHAN 5: MALAS MEMBUAT ARTIKEL

Nah, yang ini masih sambungan dari yang di atas, di mana kegagalan terjadi alasannya kemalasan untuk bekerja. Anda perlu memperhatikan bagaimana website besar menyerupai LAZADA, dan TOKOPEDIA saja masih berusaha menciptakan klarifikasi yang panjang dan memadai mengenai produk-produk yang mereka jual.

Jika website yang memiliki budget promosi milyaran ini masih mau repot melaksanakan itu, maka seharusnya anda pengusaha modal seadanya atau bahkan yang tidak punya budget promosi harus lebih besar niatnya untuk bekerja keras....

Bagaimana kalau malas mengetik artikel, apa ada solusi lain? Tentu ada; solusinya ialah berhenti bermimpi memiliki bisnis online dan lakukan semua secara konvensional dan offline.... ^_^

Beberapa niche memiliki persaingan yang sudah sangat keras luar biasa; sedangkan halaman pencarian di google hanya menyediakan 10 daerah saja.... tidak ada daerah bagi pemalas.... Kaprikornus daripada membuang waktu dalam bermimpi....saran di atas ialah saran yang harus dipertimbangkan oleh mereka yang malas mengelola webnya.

Tentu alasan yang logis ialah bisnis offline mereka lebih menghasilkan dikala ini dan bisnis online belum menawarkan hasil. Tapi kalau kita malas mengelola website kita, maka terperinci bisnis online yang belum menawarkan hasil itu akan tetap tidak menawarkan hasil hingga kapanpun

KESALAHAN 6: HANYA MENGANDALKAN ONPAGE ATAU HANYA MENGANDALKAN BACKLINK

Algoritma dari google ialah sangat kompleks dikala ini. Google bekerja dengan mengandalkan 2 sinyal utama, yaitu onpage dan offpage. Sinyal onpage untuk mengukur seberapa relevan isi dari halaman dengan kueri pencarian. Sedangkan sinyal backlink untuk mengukur otoritas atau popularitas dari sebuah halaman website.

Mengandalkan salah satu aspek saja akan menciptakan website anda menjadi sangat timpang. Sebagai pola kalau anda hanya mengandalkan onpage saja, dan tidak ada backlink, maka Google akan menanggapi itu sebagai website yang relevan saja, tapi tidak cukup berkualitas alasannya tidak ada yang mau mengutip web anda di website mereka.

Sebaliknya kalau web anda memiliki banyak backlink, tetapi kualitas dari onpagenya rendah, maka itu akan menciptakan backlinknya sebagai sesuatu yang terasa tidak sesuai untuk halaman anda, dan Google akan mengabaikannya.

Untungnya Google hanya mengabaikan itu dan tidak membuatnya menjadi penalty. Kaprikornus bagi mereka yang memiliki banyak backlink; PR selanjutnya ialah memperbaiki onpage mereka biar website mereka menjadi relevan dengan backlink tersebut sehingga Google akan memperhitungkan semua poin yang sudah “menunggu di pintu masuk” itu pada dikala kunjungan yang berikutnya.

KESALAHAN 7: ONPAGE DULU, NANTI BARU OFFPAGE.... ATAU SEBALIKNYA

Google mengamati website dan melihat seberapa dinamis website tersebut. Seberapa pertumbuhan kontennya, dan seberapa banyak pertambahan reputasi onlinenya. Kaprikornus normalnya yang terjadi ialah pertambahan konten terus terjadi pada dikala backlink bertambah.

Apa yang terjadi kalau keselarasan itu tidak terjadi?

Kalau onpage bertambah pada dikala backlink tidak bertambah, maka Google akan menganggap kontennya tidak terlalu disukai oleh pembaca sehingga tidak ada yang merekomendasikan website anda. Itu berarti artikel-artikel segar anda tidak mendapat jawaban dari komunitas di internet....

Bagaimana kalau anda menambahkan backlinknya belakangan. Tentu itu bisa saja diusahkan, tapi biasanya artikel akan kehilangan poin kesegarannya sehingga memerlukan backlink yang lebih banyak untuk menambah poinnya.

Kaprikornus seandainya anda sudah memiliki sebuah website dengan konten yang cukup banyak kemudian berusaha memasangkan backlink, maka setidaknya usahakan biar website anda terus menambahkan artikel, sekurang-kurangnya 3 artikel per bulan. Jangan menciptakan website anda terlihat menyerupai website yang benar-benar mati dan terabaikan; alasannya setelah sebulan lewat (masa deep crawling), peringkatnya akan mulai merosot.

Lalu bagaimana kalau backlinknya duluan? Seperti yang sudah saya jelaskan di atas.... poinnya hanya akan menunggu di depan pintu dan gres akan ada gunanya dikala website anda semakin baik dalam konten.

Kaprikornus mana saja yang kita tunda pelaksanaannya akan menunda keberhasilan dari meningkatkan secara optimal website bisnis online kita..... Kaprikornus jauh lebih baik melakukannya secara bersamaan, walaupun jadinya perkembangan keduanya menjadi lebih lambat (jika anda harus mengusahakannya sendiri dan membagi waktu anda).....

KESALAHAN 8: MENGANGGAP BACKLINK ADALAH SEGALANYA

Backlink ialah sesuatu yang amat sangat penting. Anda tidak bisa menjadi juara di banyak kata kunci tanpa backlink; terlebih lagi kalau persaingannya memang sangat keras. Tapi jangan hingga dikira backlink saja bisa membawa anda menjadi juara di hasil pencarian di Google.

Biar saya jelaskan sedikit di sini biar lebih gampang dipahami....

Backlink ialah berfungsi untuk menaikkan domain authority dari website anda. Semakin baik domain authority dari website anda, maka akan semakin gampang website anda mendapat ranking. Bahkan artikel-artikel gres bisa pribadi masuk halaman satu tanpa susah payah mencari backlink lagi. Tapi Google tidak beranggapan bahwa backlink itu harus sebanyak-banyaknya..... Ini sudah bukan zamannya lagi mencari jutaan backlink.... Beda dengan dulu di mana semakin banyak backlink berarti semakin kuat....

Sekarang ini mendapat backlink dari 300-700 nama domain berbeda saja sudah bisa terbilang cukup untuk menaklukkan persaingan yang berat di Indonesia. Kalau mau kelas dunia tentunya akan lebih banyak lagi. Tapi backlink juga menawarkan titik saturasinya; di mana pertambahan yang terjadi berikutnya sudah tidak terlalu berpengaruh. Seolah-olah Google beranggapan bahwa “nilai segini sudah cukup niscaya ada sesuatu yang Istimewa di website ini, apa benar kontennya relevan dengan pencarian”....

Nah kalau kontennya tidak sama dengan backlinknya, ya menyerupai yang sudah-sudah di atas; backlinknya diabaikan.... Kaprikornus anda harus mengusahakan keduanya

KESALAHAN 9: KEPADATAN KATA KUNCI PADA HALAMAN TEROPTIMASI SANGAT LEMAH

Ada aneka macam orang yang mengoptimasi kata kunci untuk sebuah halaman, tapi pada dikala kita mencari kata tersebut di halaman tersebut, ternyata tidak ada sama sekali. Jangankan dalam urutan frasa yang benar; untuk kata per kata saja tidak bisa ditemukan. Bagaimana bisa halaman web menyerupai ini dibutuhkan untuk ranking?

Setidaknya anda harus memunculkan beberapa kali kata kunci di dalam halaman yang dioptimasi. Jika anda ragu, maka sebaiknya anda menjaga jumlah kata kuncinya di batasan yang kondusif namun tetap cukup signifikan; yaitu diantara 3% hingga 4%.... Yang dimaksud di sini ialah kepadatan kata kunci untuk seluruh isi halaman tersebut; baik di header, maupun di kolom utama dan sidebar.

Kaprikornus seumpamanya anda menciptakan halaman yang total katanya ada 1000 kata, maka setidaknya usahakan kata kunci anda muncul sebanyak 30-an kali di dalam halaman tersebut.

KESALAHAN 10: PENGULANGAN KATA KUNCI DI SEMUA HALAMAN DALAM WEB TERSEBUT SANGAT RENDAH.

Anggap saja anda menciptakan website ihwal JUAL SEPEDA ONLINE; maka pada halaman homepage anda harus menekankan kata JUAL; SEPEDA; dan ONLINE. Tapi jangan hanya muncul di halaman muka saja. Pastikan kata ini selalu muncul dalam artikel-artikel produk anda. Hal ini akan membantu website anda untuk mendapat poin relevansi yang sangat besar.

Bagaimana kalau produk anda terlalu beragam? Jika produk anda terlalu beragam; maka anda harus membagi tahapan meningkatkan secara optimal anda menjadi 3 tahap; yaitu meningkatkan secara optimal halaman muka untuk kata kunci umum menyerupai JUAL ONLINE MURAH TERPERCAYA; dan setelah itu anda melaksanakan meningkatkan secara optimal untuk halaman KATEGORI menyerupai JUAL ONLINE SMARTPHONE MURAH TERPERCAYA; nanti setelah itu gres terbagi ke dalam halaman-halaman produk menyerupai JUAL ONLINE SMARTPHONE SAMSUNG XXXXX MURAH TERPERCAYA.

Jika anda bisa menciptakan hirarki menyerupai ini, maka meningkatkan secara optimal untuk website anda akan menjadi jauh lebih ringan.

KESALAHAN 11: MEMUSATKAN OPTIMASI PADA LAMAN ARTIKEL TERLEBIH DAHULU

Hal yang lazim terjadi ialah sebuah website mendapat backlink yang terpusat pada homepagenya dibandingkan pada halaman artikelnya. Penambahan backlink pada halaman muka akan dengan cepat menaikkan domain authority; dan itu akan menciptakan dampak yang lebih menyeluruh ke seluruh artikel yang berada di dalam domain tersebut. Efek yang paling kuat tentunya akan mengalir ke halaman-halaman yang linknya bisa ditemukan di dalam halaman muka tersebut....

Jika kita melaksanakan meningkatkan secara optimal terpusat di sebuah halaman artikel, maka imbas yang terlihat lebih lokal; sehingga butuh waktu yang lebih usang untuk mendapat otoritas domain yang lebih baik dari yang sudah ada dikala ini.

Kaprikornus pada dasarnya anda disarankan untuk memulai meningkatkan secara optimal offpage anda pada halaman muka terlebih dahulu; sambil rajin menambah konten artikel gres di website ataupun blog anda.

KESALAHAN 12: BUTA MASALAH LINK

Link ialah sesuatu yang sangat penting di dalam optimasi; alasannya ini ialah yang akan membantu mengalirkan poin ke setiap halaman yang ingin kita optimasi. Sayangnya banyak orang yang tidak tahu menahu ihwal pentingnya pengaturan link di dalam website mereka; sehingga mereka malah merusak website yang susah payah dioptimasi.

Berikut ini ialah beberapa kesalahan yang lazim dilakukan:
  • Terlalu banyak memasang link di dalam satu halaman dikala gres memulai meningkatkan secara optimal website. Ini menyerupai berusaha mengangkat beban yang berat dengan otot bayi. Kaprikornus seharusnya jumlah link yang ditayangkan di dalam halaman itu dibatasi sekitar 50-an saja dulu.... Link ini bisa berupa link artikel andalan dan link yang menuju halaman-halaman label.
  • Memasang link menuju akun social media anda di bab atas header. Ini akan menciptakan poin yang sangat besar mengalir ke halaman social media; padahal yang ingin anda berikan poin terbesar ialah website anda.
  • Memasang link keluar menuju website keluar yang benar-benar tidak relevan. Ini kesalahan yang biasanya tidak disadari dilakukan. Misalnya dengan memasang link keluar alasannya melekat banner directory di website.
  • Tidak memasang link yang menuju halaman itu sendiri.

Kaprikornus semua ini ialah 12 kesalahan umum dalam membangun bisnis online yang sering sekali saya temui sebagai penghambat dari website-website bisnis online untuk mendapat posisi, trafik, dan deal yang diinginkan. Jika ini tidak diperbaiki, maka saya sangat yakin bisnis online yang dibangun akan terhambat perkembangannya. Mudah-mudahan hal ini bisa membantu teman-teman menyadari apa yang masih kurang pada website anda.

0 Response to "12 Kesalahan Membangun Bisnis Online Yang Paling Sering Terjadi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel